TEKNIK SIPIL

Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Kelas DPBB Melaksanakan Kuliah Lapangan di Proyek MIPA UII

Kul Lap Juni 2014Pengetahuan lapangan adalah sesuatu yang penting dan mahal harganya dimana tidak setiap orang mempunyai kesempatan untuk memperolehnya. Sebagian mahasiswa memang pandai dalam hal teori, seperti dalam hal menghafal rumus, melakukan analisis dan perhitungan. Namun tidak sedikit dari mereka yang kesulitan jika sudah diperintah untuk menggambar secara detail apa-apa yang mereka hitung, desain, dan analisis. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang masih belum punya bayangan seperti apa aplikasi dan bentuk real di lapangan atas objek-objek yang mereka gambar. Seperti yang terjadi pada mahasiswa Prodi Teknik Sipil yang mengambil matakuliah Desain Pelat dan Balok Beton (DPBB).

Pada tanggal 2 dan 3 Juni 2014 mahasiswa matakuliah DPBB mengikuti kuliah lapangan di proyek pembangunan Gedung MIPA Universitas Islam Indonesia. Proyek Gedung MIPA UII yang dilaksanakan secara swakelola terdiri dari empat lantai dan satu basement. Mahasiswa diajak langsung ke lapangan untuk melihat penampakan nyata segala yang mereka desain dan analisis di kelas seperti struktur pelat, balok dan struktur tangga dibimbing oleh pengampu matakuliah, Yunalia Muntafi, ST., MT., didampingi asisten, Vendie Abma, ST., dan pelaksana lapangan Cahyo Dita Saputro, ST. Para mahasiswa tertarik dan antusias untuk bertanya langsung mengenai hal-hal yang mereka anggap baru.

Sebagai hasil akhir evaluasi kuliah lapangan tersebut, mahasiswa diberi tugas untuk membuat laporan hasil kuliah lapangan dengan objek pengamatan yang berbeda antara kelompok satu dengan yang lain. “Dengan kuliah lapangan ini, saya jadi tahu apa-apa yang awalnya saya belum bisa dan belum punya bayangan kondisi real di lapangan. Bahkan saya jadi lebih mudah melakukan detail penggambaran atas apa yang saya desain karena saya sudah lihat langsung penampakan asli di lapangan”, ujar salah seorang mahasiswa kelas DPBB.

“Pada semester ini mereka beruntung mempunyai kesempatan berkunjung langsung ke lapangan dengan lokasi proyek yang dekat dengan gedung kuliah mereka. Semoga kuliah lapangan ini bermanfaat bagi mereka baik untuk saat ini ketika mereka menjalani kuliah DPBB dan untuk bekal bagi mereka di dunia kerja kelak”, harap dosen pengampu MK DPBB yang biasa dipanggil Bu Yuna.

Kontak

Telepon : 0274-898471 ext.3235

Fax : 0274-895330

Website : http://www.civil.uii.ac.id

Alamat : Kampus Terpadu UII,

Jl. Kaliurang km 14.5, Besi, Sleman,

Yogyakarta 55584

Twitter Feeds