Program Magister Teknik Sipil

Konsentrasi Program

Manajemen Konstruksi (MK)

Konsentrasi di jenjang Magister lulusannya diarahkan pada penguasaan manajemen perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian konstruksi berbasis manajemen risiko (risk management)

Konsentrasi Manajemen Konstruksi (MK) didirikan untuk merespon tuntutan masyarakat yang semakin membutuhkan tenaga-tenaga akademik dan profesional dalam bidang pelaksanaan pembangunan konstruksi. Pembangunan konstruksi sudah pasti memerlukan tenaga-tenaga teknik yang berkualitas dan profesional serta memiliki etika moral yang luhur, bermental ulet, serta berpikiran analitis dan kreatif, sebagaimana rumusan kompetensi lulusan pada Konsentrasi Manajemen Konstruksi.

Kurikulum Manajemen Konstruksi (MK)

NO MATA KULIAH SKS
1 Manajemen Konstruksi 3
2 Teknologi Bahan Konstruksi 3
3 Sistem Pengambilan Keputusan 3
4 Ekonomi Teknik 3
JUMLAH 12

Total SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Manajemen Konstruksi adalah sebanyak 38 SKS

Perencanaan dan Teknik Transportasi (PTT)

Konsentrasi di jenjang Magister lulusannya diarahkan pada kompetensi bidang angkutan umum jalan darat. Perancangan angkutan umum harus dikaitkan dengan jaringan jalan, sosial ekonomi budaya, dan pengembangan wilayah suatu kawasan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Konsentrasi Perencanaan dan Teknik Transportasi didirikan untuk menjawab masalah transportasi di Indonesia yang semakin rumit. Hal ini disebabkan pertumbuhan kendaraan yang sangat tinggi sedangkan prasarana tidak mencukupi atau tidak memadai. Jaringan jalan yang ada atau sedang dibangun tidak sesuai dengan tata guna lahan yang ada atau yang sedang direncanakan. Selain itu, penanganan permasalahan transportasi juga belum profesional karena sangat kurangnya Sumber Daya Manusia di bidang transportasi. Kompetensi Lulusan Teknik Transportasi adalah lulusan yang mempunyai wawasan yang berkepribadian, dapat bekerjasama dengan disiplin ilmu lain dalam menyelesaikan masalah transportasi, dan mampu melakukan penelitian terutama untuk pengembangan ilmu dan inovasi baru di bidang Teknik Sipil Transportasi.

Kurikulum Perencanaan & Teknik Transportasi (PTT)

NO MATA KULIAH SKS
1. Rekayasa Lalu Lintas Angkutan Jalan 3
2. Sistem Manajemen Jalan Raya 4
3. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi 3
4. Ekonomi Transportasi dan Metode Apraisal 4
Jumlah 14

Total SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Perencanaan dan Teknik Transportasi adalah sebanyak 38 SKS

Rekayasa Kegempaan dan Manajemen Kebencanaan (RGMB)

Konsentrasi di jenjang Magister lulusannya ditekankan pada penguasaan terhadap pengurangan risiko bencana (risk reduction), khususnya bencana alam gempa bumi.

Konsentrasi ini didirikan untuk merespon kejadian bencana alam yang cenderung meningkat di Indonesia. Peningkatan kejadian bencana alam terjadi baik secara kualitas maupun kuantitas. Konsentrasi ini merupakan pengembangan dari konsentrasi yang sudah ada sebelumnya, yaitu Manajemen Rakayasa Kegempaan (MRK). Kompetensi lulusan konsentrasi RGMB adalah mempunyai wawasan, kepribadian, kemampuan akademik dan praktikal yang unggul dalam mengelola bencana khususnya dalam bidang kegempaan dan kebencanaan.

Kurikulum Rekayasa Kegempaan & Manajemen Kebencanaan (RGMB)

NO MATA KULIAH SKS
1. Analisis Dinamika Struktur 3
2. Manajemen Kebencanaan 2
3. Bencana Alam dan Rekayasa Kegempaan 3
4. Pengembangan Masyarakat 2
JUMLAH 10

Total SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Rekayasa Kegempaan & Manajemen Kebencanaan adalah sebanyak 40 SKS