KOMPETENSI LULUSAN :

Hasil Belajar Program Studi Sarjana Teknik Sipil berdasarkan Kurikulum 2009:

  1. Kemampuan dalam bertanggung jawab untuk melakukan semua pekerjaan teknik sipil yang dipercayakan kepadanya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan prinsip-prinsip pengetahuan yang terkait.
  2. Kemampuan dalam bertanggung jawab untuk diri sendiri dan untuk masyarakat dengan memelihara sikap toleransi, tidak egois, saling menghormati, dan saling menguatkan untuk menghasilkan warganegara yang menyadari hak-hak dan tanggung jawabnya.
  3. Kemampuan dalam merancang struktur teknik sipil / sistem / komponen dengan benar dan mempertimbangkan persyaratan fungsional, keselamatan, dan efisiensi.
  4. Kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif dengan cara menulis dan presentasi lisan.
  5. Kemampuan dalam memanfaatkan alat teknik dan teknologi informasi modern untuk praktik profesi teknik, seperti pengolah kata, spreadsheet, CAD, dan perangkat lunak terkait.
  6. Kemampuan dalam memanfaatkan keterampilan manajerial dan mematuhi etika profesional dalam melakukan praktik / proyek teknik sipil.
  7. Kemampuan dalam menerapkan pengetahuan matematika dan ilmu dasar (alam dan / atau materi) untuk memperoleh prinsip-prinsip rekayasa di bidang teknik sipil.
  8. Kemampuan dalam menerapkan pengetahuan desain teknik dan praktek di bidang teknik sipil spesialisasi (teknik struktural, teknik transportasi, rekayasa geoteknik, rekayasa sumber daya air, dan / atau manajemen konstruksi).
  9. Kemampuan dalam mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan memecahkan masalah teknik sipil secara optimal.
  10. Kemampuan dalam menerapkan pengetahuan yang relevan / mendukung isu-isu kontemporer untuk menyelesaikan tugas dalam keadaan tertentu.
  11. Kemampuan dalam berfungsi secara efektif sebagai bagian dari kerja tim multidisipliner dan / atau multikultural.
  12. Kemampuan untuk terlibat didalam pemikiran multidimensi, kreatif, dan inovatif serta pembelajaran seumur hidup.