TEKNIK SIPIL

Login to your account

Username
Password *
Remember Me

Prodi Teknik Sipil Sosialisasikan Kurikulum Baru

Sosialisasi K2014 newTuntutan pasar kerja, tuntutan akreditasi internasional dan perkembangan pendidikan tinggi mengakibatkan perlunya perubahan kurikulum, seperti yang dilakukan Program Studi Teknik Sipil (PSTS) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII). Sejak tahun 2012, PSTS telah melakukan berbagai usaha untuk menyiapkan kurikulum yang selanjutnya disebut dengan Kurikulum 2014. Perubahan Kurikulum 2009 menjadi Kurikulum 2014 merupakan bagian dari proses perbaikan yang berkelanjutan (continuous improvement). Demikian garis besar pengantar “Sosialisasi Kurikulum Baru” yang disampaikan oleh Ketua Prodi Teknik Sipil FTSP UII, Miftahul Fauziah, Ph.D., di Ruang Sidang Prodi Teknik Sipil, Rabu, 10 September 2014.

Sosialisasi kurikulum dihadiri oleh Dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Sipil. Mengingat banyaknya jumlah mahasiswa Prodi Teknik Sipil, maka sosialisasi kurikulum dibagi dalam dua tahap. Sosialisasi pertama dilaksanakan Selasa, 9 September 2014 dengan narasumber sekretaris Prodi Teknik Sipil, Berlian Kushari ST., M.Eng, didampingi perwakilan tim kurikulum, M. Rifqi Abdurrozak, ST., M.Eng. dan Yunalia Muntafi, ST., MT., bertempat di Gedung Auditorium FTSP Lantai 3, sedangkan sosialisasi kedua dilaksanakan Rabu, 9 September 2014 oleh Ketua Prodi Teknik Sipil, Miftahul Fauziah, Ph.D, didampingi ketua tim kurikulum Ir. Bambang Sulistiono, MSCE dan tim bertempat di Ruang Sidang Prodi Teknik Sipil.

Kurikulum baru Prodi Teknik Sipil yang dinamai Kurikulum 2014 merupakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan penguatan aspek Kebencanaan yang disusun dalam rangka mengembangkan PSTS UII untuk mencapai sistem pendidikan berstandar internasional sesuai dengan Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE). Kurikulum 2014 disusun dengan memperhatikan masukan-masukan dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam 2 (dua) tahun terakhir, meliputi workshop, tracer study, survei stakeholder dan alumni, rapat dewan dosen dan media-media lain, guna menghasilkan sarjana teknik sipil yang mampu merancang, melaksanakan, dan mengawasi pelaksanaan bangunan ketekniksipilan dan memiliki karakter ATRAKTIF (amanah, terampil, kompeten, adaptif dan inovatif) serta berwawasan kebencanaan.

Sarjana teknik sipil dengan potensi karakter unggulan tersebut akan dihasilkan melalui Kurikulum 2014 setelah menempuh serangkaian aktivitas perkuliahan dengan beban studi minimal 145 SKS. Beban tersebut terdiri atas 135 SKS mata kuliah wajib dan minimal 10 SKS mata kuliah pilihan. Dalam kelompok mata kuliah umum ketekniksipilan, Kurikulum 2014 di antaranya menawarkan mata kuliah yang lahir dari muatan khas “pengurangan resiko bencana dan ketahanan masyarakat terhadap bencana” (disaster risk reduction and resilience). Mata kuliah tersebut meliputi: Pengantar Manajemen Kebencanaan (wajib, 2 SKS) dan Evaluasi Infrastruktur Pasca Bencana (pilihan, 2 SKS).

Adanya konversi mata kuliah sebagai dampak dari pemberlakuan kurikulum baru pada semester Ganjil 2014-2015 juga telah dijelaskan pada sosialisasi tersebut. Pengurus Prodi berharap dengan adanya perubahan kurikulum ini, mahasiswa dapat lulus lebih cepat, mempuyai kualitas yang lebih baik dan mampu bersaing di level internasional.

 

Kontak

Telepon : 0274-898471 ext.3235

Fax : 0274-895330

Website : http://www.civil.uii.ac.id

Alamat : Kampus Terpadu UII,

Jl. Kaliurang km 14.5, Besi, Sleman,

Yogyakarta 55584

Twitter Feeds